test test

Monday, April 27, 2009

anasir gigi tiruan

Pas mau milih anasir gigi tiruan buat pasien full denture, lagi-lagi saya direpotkan dengan stok bahan di klinik yang bener-bener terbatas...

Kapan hari pas mau nyurvei model kerja partial denture, pensil tinta di surveyor entah mengapa pada lenyap semua. Alhasil, model kerja partial denture saya masih mlangkrak sampe sekarang belum tersurvei, hahaha...


Kapan hari juga pas mau penetapan gigit, stok spiritus abis. Dan bicara-bicara soal stok spiritus yang abis ini, alhasil saya mesti nggelandang ke D3 buat minta spiritus. Eh, nggak dikasih. Alasannya sih klinik S1 punya jatah sendiri. Nah, masalahnya, pasien saya udah duduk manis di dental chair. Saya jadi sungkan sama si pasien.

In the end...
Dari prosto, saya keliling ke konser, OM (malah ditawarin aloclair ), pedo, perio, orto, dan ternyata...stok spiritus bener-bener abis.

Padahal buat penetapan gigit, yang saya butuhkan adalah :
1. Koran buat alas
2. Model kerja beserta galangan gigit yang udah diacc
3. Bite plate
4. Tali, selotip, 2 kertas kecil dengan huruf X buat ngukur tinggi gigit
5. Kapi ukuran ekstra (biar mantap !)
6. Penggaris dan jangka
7. Spiritus brander
8. Pasien
SINGKAT CERITA, STOK SPIRITUS S-1 BENER-BENER KOSONG HARI ITU....
Jadi semuanya udah lengkap, kecuali si spiritus.

Waktu itu, saya udah kepikiran buat ngambil bensin di mobil (haha...berlebihan bangettt). Lha gimana lagi coba... buat berpetualang nyari-nyari spiritusnya aja, ada setengah jam rasanya terbuang percuma. Belum lagi ngisinya. Sekedar info, brander saya tuh brander tipe uzur yang kalo ngisi mesti pake syringe (dan mesti telaten !). Kalo pake syringe 3cc, bisa sekitar 20 kalian lebih nye-pet (kapan-kapan saya itung dengan seksama deh butuh berapa kali nye-pet dari kosongan ke full tank, hahaha...) Cuman bagusnya, walopun ni brander udah uzur gini, nyala apinya bener-bener mantap kayak obor.

Eh, lha hari ini kok kejadian lagi...


Ceritanya, di halaman acc buku praktikum, kan ada bagian : pemilihan anasir gigi. Maksudnya, saya harus milih deretan gigi bikinan pabrik yang bakalan dipasang di gigi palsu pasien saya nanti. Gigi yang dipilih mesti pas. Sesuai dengan jenis kelamin, warna kulit, dan ukuran garis kaninus pasien. Kayak gini nih contoh anasirnya plus anasir yang udah terpasang di full denture...

Sayangnyaaaaa....

Stok anasir di klinik nggak lengkap. Ukuran gigi terkecil yang mereka punya tuh masih kegedean buat pasien saya. Ya udah, saya ambil aja anasir yang paling kecil dan saya tunjukkan ke salah satu instruktur.

Saya : "Dok, kalau segini, kira-kira masih kegedean nggak ?"
Dokter A : (sambil ketawa-ketawa heboh) "Hoalah mbakkkk.... pasienmu lak jadi gagah perkasa kalo kamu kasih gigi kayak giniiii...."

Kehebohan ini otomatis mengundang perhatian instruktur-instruktur lain buat ikutan nimbrung.

Dokter B : "Pasienmu doyan semangka, mbak ?"
Saya : "Wah, kurang tau saya, dok..."
Dokter A : "Kalo kamu pasang pake gigi ini, takjamin pasienmu langsung doyan semangka."
Dokter B : "Nanti pasienmu juga jadi doyan empal, mbak. Soalnya giginya gede-gede, jadi sekali nyakot (baca : nggigit), dijamin mantap sampe cakotan terakhir."
Trus dokter B langsung meragain yang namanya 'mantap-sampe-cakotan-terakhir'
Huahahahahahahahaha...

Pas saya balik ke kubikel, seperti biasa... pasien saya yang sangat perhatian itu, nanya-nanya ke saya...
Pasien saya : "Gimana nik ? Udah disetujuin sama dosennya ?"
Saya : "Blom mak... Giginya kegedean. Besok takcariin yang kecilan ya mak... Hari ini tempat jualannya udah tutup."
Ada aturan nggak tertulis, kalo barang yang kita butuhkan nggak ready-stock di klinik, mau nggak mau kita mesti nyari di tempat lain. Alias : beli sendiri.
Pasien saya : "Lho, pake yang gede ini juga nggak papa kok nik... Biar enak kalo makan empal."

Saya sempet kaget. Soalnya ngomong-ngomong soal empal, saya jadi keinget guyonan instruktur-instruktur barusan di dalem...

Saya : "Nanti mak keliatan gagah perkasa lho kalo giginya gede-gede gitu."
Pasien saya : "Nggak papa nik."

Lha kok malah APP (atas permintaan pasien) gini sih... Hahaha~ Ntar kalo gigi segede-gede itu yang saya pasang, apa kata dunia kalau dia*) tertawa ?
*Pasien saya maksudnya...

1 comment:

  1. Hi !.
    You may , perhaps curious to know how one can manage to receive high yields .
    There is no initial capital needed You may start to get income with as small sum of money as 20-100 dollars.

    AimTrust is what you thought of all the time
    The company incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

    Its head office is in Panama with offices everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
    Do you want to become really rich in short time?
    That`s your choice That`s what you desire!

    I feel good, I started to take up income with the help of this company,
    and I invite you to do the same. It`s all about how to choose a proper partner utilizes your funds in a right way - that`s AimTrust!.
    I earn US$2,000 per day, and my first deposit was 1 grand only!
    It`s easy to start , just click this link http://uqaluguqa.virtue.nu/xavemuqi.html
    and go! Let`s take this option together to get rid of nastiness of the life

    ReplyDelete

comments here