test test

Wednesday, June 24, 2009

profession exams : done

Kemarin, diakhiri dengan ujian profesi konservasi gigi... akhirnya parade ujian profesi saya resmi berakhir. Well... thanks God my almighty dan thanks buat Lia dan Joy atas kontribusinya minjemin saya hand out konser hari H-15 jam sebelum ujian... Sekedar info, saya baru belajar jam 10 malam... Itupun kepotong jam tidur 8 jam. Jadi kalo dikalkulasi sih, sebenernya saya cuman belajar 2 jam nett, hahaha...

Kok ya untungnya lulusss....

Cerita-cerita tentang ujian profesi... berikut adalah list ujian profesi mulai dari yang terserem versi saya :
1. Bedah mulut : 2 ujian vs 2 dosen penguji. Yang bikin kerasa serem sih karena ini adalah ujian profesi saya yang pertama. Dan hasil ujian enggak bisa ditebak kecuali kalo terusir dari luar ruangan ato tiba-tiba si dosen matiin radio (yang berarti : nggak lulus).
Ada cerita dari salah satu temen tentang ujian profesi BM. Ceritanya, si temen ini diuji oleh drg. X dan drg. Y yang konon killer karena banyak mahasiswa yang nggak lulus kalo diuji beliau.... Nah, waktu si dokter ini nanya, temen saya berusaha jawab dengan sebaik-baiknya... sampai entah dimana, dia mulai lupa-lupa-inget sama jawabannya.... alhasil, kalimat yang semula lancar, mulai tersendat-sendat.... kening si dokter mulai berkerut.
Temen saya mulai ngerasa ada firasat buruk. Apalagi si dokter sudah mulai mengusap keningnya berkali-kali dengan tampang stress waktu denger jawaban temen saya...
dan tiba-tiba....
*ceklek*
si dokter matiin radio yang ada di sampingnya
Temen saya langsung dinyatakan nggak lulus.
SEREM KAAANNNN....

2. Ortodonsia : Ini adalah satu-satunya departemen yang ngadain ujian dengan 1 mahasiswa vs 1 dosen penguji tanpa notulen. Bayangin aja... ujian berdua aja udah kerasa serem, apalagi sendirian. Apalagi form diagnosa yang harus diisi tuh nggak dikasih format, alias kosongan. Cuman ada tempat buat nggambar disain piranti... sisanya ??? KOSONG !!!! Bayangkan kalo dikombinasi dengan otak yang kosong juga, hasilnya bakal prognosa buruk. Sangat buruk. Apalagi kalo dosen pengujinya nggak toleransi. Alamat tewas.

3. Oral medicine : Tau sendiri lah kalo apalan di OM ini SANGAT BANYAK. Apalagi pas dikasih kasus, saya sempat blank beberapa saat. Bingung mau nulis apa.... Dan biasanya, waktu ujian, pertanyaannya bakal kemana-mana. Maksud saya, kemana-mananya tuh BENER-BENER kemana-mana... sampai ke respon imun atau semacamnya segala. Jadi kalo nggak belajar bener-bener, yaaa... bakal belepotan kayak saya :p Saya lulusnya cuman lulus hoki d kayaknya. Lha ujian profesi saya belepotan begitu, hehehe....

4. Prostodonsia : 90% pertanyaan yang diujikan tentang partial denture... Sementara saya nggak terlalu bisa mendisain partial denture dan baru belajar nggambar klamer sehari sebelum ujian. Hand out aja semuanya minjem Mita. Tebelnya 8 cm. Pasti nggak selese kalo saya bacain semua... Jadi saya cuman baca-baca ala kadarnya. Entah kenapa, saya dan partner ujian bener-bener beruntung waktu itu karena dosen penguji kita bukan tipe dosen yang suka mempersulit mahasiswa. Saya cuman ditanya-tanya seputar disain piranti utama dan alternatif, lainnya hampir nggak dibahas sama sekali. Hehehe~

5. Konservasi gigi : Karena kebetulan 2 penguji saya sama-sama menyenangkan dan nggak mempersulit, saya nggak terlalu deg-degan waktu ujian di departemen ini. Apalagi bahan ujian diambil dari kasus pasien saya di klinik. Jadi ujiannya tuh lebih bisa dikatakan : pertanggungjawaban kasus di klinik. Nggak seribet departemen lain pastinya :p

6. Periodonsia : Lagi-lagi faktor keberuntungan. 1 dosen penguji vs 4 mahasiswa. Kontras sekali dengan kliniknya yang bikin cekot-cekot, ujian profesinya bener-bener lancar... dapet nilai A lagi, huehehehehe~

7. IKGM : 2 penguji vs 4 mahasiswa. Belepotan sih, tapi lulus lancar :p

8. Kedokteran gigi anak : Bandrolnya sih bukan ujian profesi, tapi diskusi. Mana dosen penguji pembimbing saya orangnya lucu banget. Cantik dan nggak nyinyir kayak nenek sihir. Gosipnya sih dulu emang beliau nih ratu angkatan. Udah cantik, baik lagi. Jadi waktu saya nggak bisa jawab, paling cuman disenyum-senyumin aja....

5 tahun kayaknya udah cukup bikin saya stress di sini. Dan saya nggak pengen nambah lagi :p

Wish me luck, buddies !

No comments:

Post a Comment

comments here