test test

Sunday, August 02, 2009

karena dunia tidak selebar rongga mulut

Yak, menyambut pengumuman SNMPTN (istilah waktu jaman saya dulu sih : SPMB), saya kok jadi pengen cerita-cerita sedikit tentang FKG, Fakultas Kedokteran Gigi, dentistry school, whatever you name it... pokoknya hasil akhirnya adalah : menjadi dokter gigi. Yaaah... ini sih sekedar referensi curhat aja, kali-kali aja ada adik kelas yang bakal masuk FKG dan nyasar ke blog saya *ge-er*

Konon kabarnya, FKG itu Fakultas Kebanyakan Gadis. Kalo yang ini sih, bukan gosip, tapi fakta. Entah mengapa, dari tahun ke tahun, yang kebanyakan masuk FKG tuh cewek. Dosen-dosen saya juga mengakui, dari jaman beliau-beliau ini kuliah, emang FKG lebih banyak dihuni mahasiswi daripada mahasiswa. Trus, kalo jaman dulu nih, cewek-cewek FKG ini bakal mencari jodoh ke kampus sebelah, alias FK. Tapi kalo ini sih udah nggak jaman lagi sekarang... Soalnya selama kuliah di FKG, saya jaraaaaaaaanggg banget saya dolan ke kampus sebelah. Hampir nggak pernah malah. Yaa, ada sih beberapa rekan-rekan yang akhirnya ketemu jodoh di FK. Mungkin karena peluang buat cari cowok di FKG masih dikit kali ya. Soalnya kalo diitung per angkatan, ditambah dengan dosen-dosen cowok dan tukang kebun aja FKG ini masih tetep banyakan ceweknya. Kalo di angkatan saya sih, ceweknya ada 100, cowoknya cuman 40, itupun nggak semuanya ganteng.

Nah, berhubung banyakan ceweknya daripada cowoknya, nggak heran kalo ada yang bilang : FKG itu Fakultas Kebanyakan Gosip. Banyak gosip yang beredar di sini karena konon kabarnya, tembok-tembok di klinik juga punya kuping. Makanya mesti ati-ati jaga mulut kalo ngomong. Walopun pasien adalah makhluk yang tampaknya innocent dan tak berbahaya, ati-ati kalo curhat sama pasien... Salah-salah nyampe ke kuping temen lain. Ato lebih parahnya lagi, kalo nyampe ke dosen. Hwaaaa...
Nah, kalo saya sendiri sih jarang curhat. Entah itu ke temen ato ke pasien, apalagi ke dosen. Haha, mending saya yang dengerin aja daripada harus ngomong. Kalopun harus ngomong, kayaknya cukup di blog aja.

Dan mengutip pernyataan Lia kalo FKG itu Fakultas Keliling Gang, too bad, but it's true beybeh... Siap-siap aja kalo masuk FKG, berarti bakal keliling gang buat nyari pasien. Jangan samain sama FK yang pasiennya dateng nggak dijemput, pulang nggak dianter, sampe ditolak-tolak saking banyaknya... Kalo di FKG, udah pasiennya nyari sendiri, kadang mesti dianter jemput (95% pasien saya semuanya saya anter jemput), kadang bikin makan hati (kalo si pasien udah ditelpon puluhan kali, tapi mailbox melulu), dan kadang bikin nangis (kalo pasien udah janji mau dateng, tapi sampe jam klinik mau buyar, si pasien nggak muncul-muncul).

Well, selama manajemen pembagian kubikel di FKG masih sebobrok jaman saya sekarang : mahasiswa makin banyak tapi jumlah kubikel *yah, contohnya aja kubikel di perio* yang tetep 10 kubikel tok dari tahun ke tahun, dan pasien masih tetep segini-gini aja jumlahnya yang muncul di fakultas, ya sebaiknya banyak-banyaklah berdoa agar bisa lulus tepat waktu.
Atau nginep di fakultas sekalian buat ngejib kubikel barangkali ? Don't haha ! Because maybe you'll think about doing this seriously, kalo udah terlanjur kepepet dikejar requirement...

Buat yang aslinya pemalu kayak saya, abis kuliah di FKG pasti jadi nggak punya malu. Hari gini masih malu-malu ? Haha, emangnya pasien jatuh dari langit ?

Dulu saya sempat desperate karena ngerasa salah jurusan. Saya sempat nyesel : Kenapa sih saya nggak milih jurusan yang normal-normal aja ? Apapun asal bukan kedokteran gigi...
Setiap kali ganti semester, saya selalu menghibur diri : ah, kurang 9 semester lagi, kurang 8 semester lagi, kurang 7 semester lagi, dst dst sampe semester ini. Kenapa ? Ya begitulah, hidup di sini banyakan susahnya daripada gampangnya. Dulu sih biar nggak stress, saya suka smsan sama temen. Tapi 3 tahun terakhir ini udah nggak pernah lagi. Saya malah stress liat hp. Ya gimana nggak stress kalo phonebook di hp aja isinya nomer telpon pasien semua. Itupun biar saya nggak lupa ini pasien indikasi apa, biasanya saya tulis juga di belakang nama si pasien. Misalnya : Px Suminem perio ato Px Fira orto. Gitu... Tambah stress lagi kalo pas buka hp, eee... ada sms dari pasien : "Maaf ya, saya nggak bisa dateng ke kampus. Besok aja gimana ?" Padahal besok saya nggak klinik itu misalnya...
ato yang horor nih, kalo si Fira tiba-tiba sms : "Kak, kawatku patah lagi."

Gampang sih kalo bapak saya dekan.
Masalahnya, bapak saya bukan dekan. Apalagi ibu saya. Dua-duanya malah bukan dokter gigi.

Gampang sih kalo saya pacaran sama anak dosen, ato anak petinggi kampus.
Masalahnya, pacar saya cuman 'rakyat biasa'. Sama kayak saya.

Kayaknya sih ini bukan gosip, soalnya saya sendiri juga udah ngeliat sisi faktanya selama ini : Dengan punya koneksi, hidup di FKG jadi sangat gampang. Prove it yourself ! Ya, beruntunglah mereka-mereka yang punya koneksi, tapi saya kasih tau dulu... tanpa koneksi pun, kita juga bisa selamat sentosa lulus dari FKG kok, cuman nggak segampang yang punya koneksi dimana-mana... jadi jangan keburu desperate dulu, hahaha....

Untungnya, saya cinta sama pekerjaan ini... Mungkin ini faktor terbesar yang mendukung saya untuk tetap bertahan *halah!* dan menguat-nguatkan diri supaya nggak pindah ke jurusan lain. Dan setelah saya 'melihat dunia luar', wow, the jungle is out there, beybeh ! Di sini udah nggak ada lagi dosen yang ngejudge kerjaan kita, tapi masyarakat yang akan menilai langsung. Saya jadi ngerasa beruntung karena di FKG emang terbiasa hidup susah. Setidaknya, sekarang saya nggak keburu pingsan waktu nerima pasien galak atau cerewet. And yes, living in a real cubicle is much much harder than living in campus' cubicle.

Good luck !

No comments:

Post a Comment

comments here