test test

Tuesday, November 24, 2009

susahnya jadi penjual jasa

Just arrived from Bali yesterday. The seminar was not too awesome, but at least, Bali can refresh body and mind for awhile...

Hari ini saya udah kembali ke kehidupan nyata. Kalo di Bali, saya bisa lupa hari ini hari apa. Kalo di Surabaya, saya pasti inget hari ini hari apa. Oke, ngomongin soal kehidupan nyata, hari ini saya baru nyadar, betapa susahnya bekerja dengan menjual jasa seperti dokter gigi.

Hari ini ada 1 pasien nelpon saya. Dia komplain soal harga yang menurut dia kemahalan. Bagi saya pribadi, saya akan nganggep kalo sesuatu dikatakan mahal andaikan hasil yang saya harapkan nggak sesuai dengan hasil yang saya terima.
Soalnya kalo orang mengeluh mahal, berarti kerjaan saya nggak pantes dong dihargai dengan harga segitu ? Bener kan ?
Berarti secara nggak langsung, pasien ini nggak puas dengan perawatan saya dong. Padahal waktu saya tunjukkan hasil perawatan di hari itu, dia puas.

Inilah susahnya. Dokter gigi kan menjual jasa, bukan barang. Dan sekedar informasi, susah banget menebak isi kantong pasien. Serius. Jadi saya nggak pernah ngomongin harga kalo pasien nggak nanya. Pada dasarnya, saya memang nggak terlalu banyak omong kalo nggak ditanya. Tuhan juga baru menjawab kalo kita bertanya kan ? Yang penting, saya kerja sebaik-baiknya.

Nah yang bikin jengkel, selain komplain mahal, si pasien juga sempat komplain gini : Lagian kita sebagai pasien kan nggak tau apa-apa, siapa tau dokter nipu... nggak lubang dibikin lubang.

Omongan kayak gini nih yang bikin saya agak sensi. Pingin marah, tapi nggak mungkin saya marah ke pasien. Nggak usah disumpah pake sumpah dokter gigi pun, saya nggak ada niatan untuk nipu pasien di tempat praktek. Ngapain saya ngerusak nama sendiri ?

Daripada aslinya lubang, trus saya bilang nggak lubang, si pasien juga kan yang rugi ? Makanya saya berusaha menunjukkan kepada si pasien sampe jelas, sampe dia ngerti kalo ada lubang di situ, baru saya mulai kerja. Eh, gitu aja masih dikomplain.

Susahnya, kadang pasien nggak ngerti...
Kerja cepet, nggak ada yang muji pinter
Kerja lama, dibilang : dokternya bego, nggak pinter
Narik murah, dibilang : jangan-jangan dokter nipu, yang dimasukin ke mulut saya bahan-bahan bekas.
Narik mahal, dibilang : jangan-jangan dokter nipu. Masa sih semahal itu ?
Tambalan besar, dibilang : dokter sih sengaja dibesar-besarin
Tambalan kecil, dibilang : kecil gitu aja kok, saya aja nggak keliatan yang mana...
Duh, susahnya jadi penjual jasa.

No comments:

Post a Comment

comments here