test test

Saturday, December 19, 2009

project : imil's zoo




Ini nih kerjaan saya belakangan ini sebelum tidur malem, hahaha... Lumayan, buat ngilangin stress :p Apalagi bahannya murah meriah dan gampang dicari. Bikinnya juga gampang, tergantung kreativitas aja. Ini saya tulisin bahan-bahan dan caranya ya, readers... Kali-kali aja ada yang berminat bikin :)

  • Tepung maizena, tepung beras, tepung tapioka dengan perbandingan 1:1:1, ditambah benzoat secukupnya. Tepung-tepung ini gampang dapetnya. Saya tinggal jalan ke minimarket di kompleks rumah juga udah dapet... Khusus benzoat, saya nyari di toko Delapan di Pucang, yang emang jualan bahan-bahan buat bikin kue. Eh, ini kalo di Surabaya lho ya... Kalo di luar kota, cari aja di toko yang jualan bahan-bahan buat bikin kue. Murah kok ini... 1 ons harganya Rp. 3.500 :p (kalo mahal, saya sendiri juga males belinya, hahaha...)
  • Lem PVAC. Harusnya sih untuk tiap 20gr tepung, perlu 55 gr lem. Tapi karena males nimbang menimbang, saya feeling-feelingan ajalah... pokoknya tepungnya nanti dicampur lem, dan diaduk pake tangan (diuleni) sampe kalis (nggak lengket di tangan). Lem yang paling yahud buat bikin ginian, merknya FOX. Saya beli di AJBS dengan harga supermiring. Rp. 8.500 bisa dapet setengah kilo. Kalo di Gramed, Rp. 11.500 dapetnya cuman 150 gr. Kalo di Togamas, Rp. 8.000 dapetnya ya 150 gr (maklum, saya langganan berat ke toko buku... bukan sengaja survei loh :p)
  • Alat-alatnya : pinset (saya pake pinset kedokteran gigi yang ujungnya bengkok... Lebih oke untuk meminset gutap daripada tepung clay sih, tapi not bad lah. Sebenernya pinset anatomis lebih recommended.) ; kuas (saya pake kuas paling murah merk Pagoda nomer 1 yang harganya cuman seribuan di toko Alta :p) ; cat poster (paling enak sih yang merk Sakura, karena adonan tetep kalis dan nggak ngeluarin aroma aneh kayak merk lain. Dan paling murah, tetep belinya di Togamas. Kalo di Alta, adanya yang ukuran paling gede. Tapi lain merk tetep bisa dipake kok) ; tusuk gigi (dental floss bergagang juga bisa jadi alternatif, hehehehe) ; dan sedotan (dipotong separo, buat bikin garis senyum. OMG... jadi teringat klinik prosto, pake garis senyum segala. Huahuahua...)
Selamat mencoba ya readers...

Ohya, satu lagi, sayang sekali adonan ini nggak bisa dimakan walopun bahan bakunya dari tepung roti :p

No comments:

Post a Comment

comments here