test test

Thursday, July 29, 2010

the granny strikes back

Belom ada 2 hari saya ketemu pasien emak, eee... kemaren dia udah muncul lagi. Emang sangar banget si mak. Kali ini dia ke praktek sambil ngajak bolo, yaitu anaknya yang paling gede. Like mother, like daughter... tante ini nggak kalah cerewetnya sama mak. Alhasil nggak cuma si mak yang heboh ngomplain ini itu, anaknya juga ikutan cicitcuit di samping saya. Sampe saya susah payah mesti nginterupsi biar kebagian jatah ngomong.

Kemaren si mak mengeluh kalo lidahnya kerasa sumpek sama gigi palsunya yang bawah.
Nah, bingung toh ???

Saya : "Sumpek maksudnya gimana mak ?"
Emak : "Ya sumpek. Pusing gitu rasanya."
Anaknya : "Maksud mama, kayak mbulet-mbulet gitu lho dok."
Obrolan yang bikin pusing emang...

Saya : "Lho mak, yang sakit itu giginya ato kepalanya ???"
Cuma ngecek... maklum, saya mesti kudu banyak sabar kalo ngadepin pasien usia lanjut. Selain takut kualat, kan saya juga keinget sama Ama-Akong saya sendiri kalo ngadepin mereka.

Emak : "Ya gigi palsunya. Lidahnya ini lho. Kalo melet, rasanya sumpek. Sampe pusing dok rasanya."
Kalo emak aja pusing, apalagi saya, mak...

Ngeselin-ngeselin gini, kadang emang lucu banget nih emak... Masa pas dia bilang lidahnya sumpek, dia juga sambil mijet-mijet kepalanya. Udah gitu, anaknya juga ikut-ikutan mijet-mijet kepalanya.

Trus, sempat juga si emak ngomong sama anaknya gini nih : "Untung ya Lan, dokter noniknya sabar."
Kalo dokter senior yang disuruh ngadepin, ya pasti esmossssssiiii ngadepin mak ini. Masih untung kalo cuma emosi, kalo sampe kena serangan jantung piye ? Kalo sampe stroke piye ?


Akhirnya saya benerin sampe si emak ngomong enak. Ternyata nggak cuma itu, komplain masih berlanjut. Nggak kalah anehnya, kali ini dia ngerasa giginya kependekan. Dan gara-gara kependekan itu, dia parno kalo giginya enggak bisa dipake nggigit jenang.
OMG, jenang again ???

Saya : "Kalo udah ada umur, mbok ya jangan makan jenang gitu lho mak... Makan buah gitu lho mak biar sehat. Jangan yang lengket-lengket ato yang keras-keras mak."

Emak : "Padahal dulu waktu mak masih muda, mak bisa makan macem-macem." sambil rada mewek
Anaknya : "Iya dok, kasihan mama..."
Dan suasana mendadak jadi mellow... Sebelum terjadi hujan air mata, saya poles-poles si gigi palsu seadanya. P
ercuma aja saya nasehatin macem-macem. Apalagi kalo saya kuliahin soal anatomi gigi ato oklusi ideal. Toh mereka masa bodo kalo dijelasin soal overbite dan overjet normalnya 2 mm something itu... Aaaaarggghhh...

"Pokoknya mak minta gigi mak kayak giginya dokter. Persis. Sakpanjang-panjangnya juga persis. " kata si mak.

Repot-repot, saya tunjukin gigi saya ke si emak dan anaknya. Mereka kayaknya shock pas liat gigi depan saya yang emang nggak bisa dipake nggigit apa-apa karena open bitenya hampir 5 mm.

"Gimana mak ? Masi mau punya gigi kayak gigi saya ? Bayangin mak, seumur-umur gigi depan saya ini malah nggak bisa dipake nggigit apa-apa lho mak..."

Si mak akhirnya diem. For the first time !!!! Hahaha, sakti juga punya gigi open bite gini... ;)

3 comments:

  1. iya ndin... gigiku emang maloklusi klas II skeletal yg manifesnya open bite. Nasib emang keturunannya kayak begini, hahaha... :))

    ReplyDelete

comments here