test test

Tuesday, December 21, 2010

mantep doanya !

Dari dulu sampe sekarang, saya paling anti nyabut kalo nggak bener-bener kepaksa. Kalo jaman kuliah dulu sih saya terpaksa nyabut demi requirement. Karena buat saya gigi ibarat nyawa, jadi sekarang kalo bisa, kita *saya dan tim* bakal pertahankan tuh gigi abis-abisan sebelum ngeluarin vonis cabut.

Nah tadi pagi, di tempat praktek, datanglah pasien yang giginya udah nggak terselamatkan lagi. Ceritanya, giginya udah goyang derajat 3, mahkotanya fraktur, akarnya juga udah resesi parah. Jadi setelah diprofilaksis, hari ini si pasien dijadwalkan untuk cabut gigi.

Karena prosedur bedah di tempat saya emang panjang ritualnya, si pasien dan istrinya tanda tangan informed consent dulu...
Tensi dulu...
Dijelas-jelasin dulu sampe mereka puas...
Dikasih instruksi post ekstraksi...
Doa dulu... dalam hati
Sterilisasi ekstra oral dan intra oral dulu...
Baru saya mulai injeksi anestesi

Nah, ngomong-ngomong soal doa... si pasien dan istrinya ini adalah tokoh agama X di Surabaya. Pas insersi jarum pertama, pasien mulai gelisah. "Dok... saya takut sekali sekarang. Nggak sakit kan ya dok ? Pasti nggak sakit kan ya dok ? Berani jamin kan ya kalau nggak sakit ? Awas lho dok kalo sampe sakit."
Untung nggak pake ngancem sambil nyekik kerah baju.

Karena si pasien gelisah, istrinya ikut gelisah. Dia tiba-tiba naroh tangannya di kepala suaminya. Kayak lagi fiksasi gitu... Saya panik. "Eeee... tante, mau diapain suaminya ???"

Istri si pasien : "Mau saya bacakan doa, dok." Trus dia ngeliat suaminya dengan pandangan penuh cinta. "Papa tenang aja. Mama bacain doa X ya buat Papa..."

Ternyata yang dimaksud 'dibacakan doa' tuh dibacain beneran. Dengan artikulasi yang jelas dan lantang. Bukan mbatin doa dalam hati.

Langsung aura di tempat praktek mendadak kudus...

Padahal proses nyabutnya nggak sampe semenit. Dan doa si tante belum kelar-kelar... Kayaknya panjang nih ayat yang bakal dibacain. Terpaksa dental chair nggak bisa saya berdiriin dulu. Lha kepala suaminya masih dipegangin terus. Untung nggak pake megang kepala saya sekalian.

Semenit, dua menit belum selese juga... Khusyuk banget berdoanya...

Tiga menit, empat menit, lima menit...

Sampe akhirnya suaminya bilang : "Ma, udah kok... Nih gigi papa udah keluar.
Istri si pasien : "Waaaahhh... cepat ya. Sip deh dok."

Oke, sip deh tante... Mantep doanya !

3 comments:

comments here