test test

Wednesday, January 07, 2009

perio clinic : behind the scene

Biasanya Rabu-Rabu gini saya klinik perio. But now, good bye klinik perio... Yeah, emang saya bakal kangen sama pasien-pasien saya yang lucu-lucu itu. Tapi saya nggak bakal kangen sama ritual di hari Rabu pagi yang bikin setres. Mulai dari acara ngejib-mengejib kubikel, nenteng toolbox yang ajubilah beratnya plus mikromotor dan lain sebagainya itu, ngisi status perio yang bikin mata saya kotakkkkkk saking banyaknya kotak-kotak di lembaran statusnya, dan yang jelas... saya nggak bakal kangen sama sekali sama requirement perio 2 yang aneh bin ajaib itu.

Requirement skeling dengan skor = 2
Ngedapetin pasiennya sih enggak sesusah klinik lain ~yeah, at least... karang gigi lebih gampang dicari daripada gigi yang lubangnya harus model begini ato begitu ato sariawan dengan diameter sekian~
Biasanya saya baru nyari pasien sehari sebelum klinik, didaftarin di hari Rabu pagi sebelum klinik juga masih keburu. Dulu waktu jaman perio 1,saya bisa ngabisin setengah jam buat ngisi status perio yang dibikin per gigi dan per regio itu... Tapi sekarang, 10 menit udah paling pol ~haha, gaya banget d sayaaa~ Pasien saya sampe (dengan nada heran) sering nanya gini ke saya : "Lho mbak, kayaknya kotaknya banyak banget... tapi kok cepet amat nyetrip-nyetripnya ?"
Haha, bisa karena biasa beybeh...

Requirement diagnosa = 2 pasien
Yang jelas, ini requirement ter-nggak-jelas di klinik ini. Kadang pasien dengan karang gigi super tebel nggak boleh didiagnosa dengan alasan : terlalu gampang, ato diagnosanya paling-paling cuma gingivitis aja. Loh, yang namanya diagnosa kan ya tetep diagnosa si. Saya suka sebel sama requirement yang satu ini. Soalnya saya nggak ngerti 'kriteria diagnosa' masing-masing dosen instruktur. Jadi kalo pas hoki, kadang-kadang tanpa diajukan, tau-tau instrukturnya bilang gini : "Ini bisa didiagnosa lho mbak." Tapi kalo pas hawa di klinik lagi jelek.... Hmmm, hawa jelek itu kayak gimana ya ? Ya misalnya aja hari itu dosennya pada bad mood semua, ato seharian itu hujan deras, klinik sepi, dan dosennya lagi males ngapa-ngapain, jangankan diagnosa... mau skoring aja bisa-bisa skornya dibawah garis kemiskinan, alias di bawah skor yang diharapkan. Seperdelapan misalnya ? Bikin itungan skor jadi kacau kan ?

Requirement kuret = 2 regio
Ini dia requirement yang paling ajaib. Dan cuma klinik ini aja loh yang bikin requirement kayak gini. Udah nyarinya susah, diterima-enggaknya juga tergantung faktor yang namanya KEBERUNTUNGAN. So, wanna check your daily zodiac first ?
Indikasi kuret : poket dengan probe WHO masuk sampe garis hitam pertama. Kalo nyarinya asal nembak keliling gang sih, nggak mungkin toh saya bawa-bawa probe kemana-mana. Bisa-bisa mereka bilang gini : "Hiiiyyy... alat apa itu mbak ?", "Itu suntik ya ?", "Wah...aku emoh lho mbak kalo dicabut..." Yeee... emangnya probe bisa buat nyabut gigi ?
Dan bicara-bicara tentang kuret...
Ceritanya, pasien kuret saya ini perempuan, 30-something-y.o., ibu rumah tangga, baru 2x ini ke dokter gigi. Dia datang ke klinik karena giginya suka kerasa goyang dan banyak karang giginya. Pas dateng pertama kali di klinik, poketnya ada sekitar 6 milian. Bener-bener bikin saya ge-er setengah mati dan nyaris tereak : "OMG, IT'S KURET !!!" Pas selesai saya skeling dan dia balik buat kontrol, saya mulai pedekate biar si pasien ini ngeh kalo saya berniat nguret giginya yang berpoket-poket itu... Jadi abis saya jelasin, saya nanya ke dia : "Gimana bu ? Ini karang giginya sudah bersih. Tapi kalo masalah gigi yang sering goyang, itu mesti dikuret bu."
Pasien : "Kuret dok ? Hari ini tah ?" (nada-nada shock)
Saya : "Iya bu, hari ini."
Pasien : "Tapi saya belum bilang sama suami saya dok. Suami saya kan masih kepingin punya anak lagi."
Saya : "Bukan kuret yang itu buuuu.... Maksud saya, giginya yang dikuret."
Dia kira, saya mau nguret rahim barangkali...
Pasien : "Nanti giginya nggak bakal kenapa-kenapa kan dok ?"
Saya : "Nggak bakal kenapa-kenapa kok bu. Kan giginya ibu agak goyang. Nah, kalo dikuret gini, mudah-mudahan nantinya nggak goyang lagi."
Pasien : "Trus, kapan saya boleh pulangnya dok ?"
Saya : "Abis saya kuret, ibu boleh langsung pulang kok."
Pasien : "Lho, nggak pake rawat inap ya kalo kuret itu ?"
GUBRAKKKKK~ *glundung, glundung, glundung*
In the end, abis saya jelasin lagi tentang KURET GIGI ini... si pasien akhirnya ngerti dan pengen dikuret. Pas dia dateng kontrol kuret, dia bilang gini sama saya : "Dok, kapan-kapan kalo gigi saya goyang lagi, dokter mau kan nguret saya lagi ?"
Haha, ketagihan dikuret deh dia...

Requirement occlusal adjustment = 1
Satu-satunya requirement yang tanpa pasien *GREAT !*, cuma nunjukin model di artikulator dan grinding dikit di sana-sini *WHAT CAN BE BETTER THAN THIS REQUIREMENT ?*. Kerjaan ini masih jauh lebih masuk akal dibandingkan nyari pasien kuret. Kecuali, of course, pasien kuret jatuh dari langit.

Abis nyelesein requirement-requirement itu, baru boleh daftar ujian profesi. Dan sekedar informasi, sampe hari H-1 sebelum ujian profesi, saya cuma bisa bolak-balikin buku suci perio : Clinical Periodontology by Carranza tanpa ngerti harus belajar dari mana. Belakangan, saya cuma liat-liatin gambar-gambarnya. Kok ya untungnya lulus. Soalnya pertanyaannya ya pertanyaan-pertanyaan dasar yang sebatas anatomi, kelainan, dan perawatan. Coba kalo nyasar sampe bedah periodontal ato respon imun dan kawan-kawannya itu, reelie don't have any idea about that, hahaha...

Anyway, wish me luck for oral med's profession exam next week, friends.

No comments:

Post a Comment

comments here