test test

Thursday, June 04, 2009

mentri kesehatan

2 jam pasca ujian profesi IKGM... IKGM itu ilmu kesehatan gigi masyarakat. Nama kerennya sih : PH (Public Health). Departemen yang mengirim saya kerja lapangan di Karangploso 2 minggu kapan hari itu....

Nah, hari ini saya ujian profesi di departemen itu.

Jam 12, saya dan 3 temen lainnya udah nunggu di depan ruang dosen. Yup, ujian di bagian ini emang rata-rata berempat. Berhubung 2 dosen penguji kita masih di luar kampus, kita berempat belajar dengan metode quick reading karena bahannya yang super-duper-banyak! Bayangin aja, dari semua sub bab di IKGM, satupun nggak ada yang tuntas saya kuasai kecuali cara nyurvei dan nyusun diagram fish-bone. I heart you, Ishikawa*
*) istilahnya diagram fish-bone tuh : fish-bone Ishikawa.

Jam 1 lebih 15 menit, dosen penguji baru muncul. Kita berempat sudah ngantuk setengah mati *secara jadwal ujian udah molor 1 jam 15 menit dari waktu yang dijadwalkan* Dosen penguji juga (kayaknya) udah ngantuk. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan jadinya cuman quick questions seputar puskesmas. Itupun, kita masih belepotan jawabnya. Apalagi pas disuruh ngejelasin tentang alur rujukan puskesmas.

Kalo bikin surat rujukan sih, saya tahu. Di OM juga diajarin soalnya.
Tapi kalo diagram alur rujukan puskesmas ? Hmmmmm.....

Setelah berpikir lama. Lamaaaaaaaaaaaaa sekali dan nggak nemu-nemu jawabannya, kita berempat dikasih gambar dan disuruh ngejelasin tentang diagram yang ada di gambar. In the end, dosen penguji nanya :
"Berdasarkan alur rujukan, abis laporan puskesmasnya jadi dan dikirim ke dinkes, sama dinkes dikirim ke mana sih ?"

Kita berempat diem. Lumayan lama juga diemnya. Dosen penguji makin keliatan ngantuk.

"Ke presiden ?" tanya salah satu dosen sambil noleh ke saya *of course, with her sleepy eyes*

Saya panik. Soalnya saya bener-bener nggak tahu kemana laporan itu mesti dikirim. Kalo ke dinkes sih saya tahu. Tapi abis ke dinkes, kemana lagi ya ???
"Erm, ke mentri kesehatan, dok." saya menjawab refleks, asal aja.

"HAAAAHHH ???? MENTRI KESEHATAN ????"
Saat itulah baru 2 dosen penguji nggak ngantuk lagi.

Kalo ujiannya kayak gini, kira-kira saya bakal lulus nggak ?
*doakan saya lulus ya temen-temen...*

No comments:

Post a Comment

comments here