test test

Monday, March 17, 2008

ibu binti

Mulai hari ini sampai Jumat minggu depan saya PKL di Puskesmas Medokan Ayu. Haha, goodbye campus and don't miss me too much~

Hari ini saya masuk ke bagian BP. So, this is what people called : REALITY. Apa yang selama ini saya pelajari di kuliah, baru hari ini saya lihat di kehidupan nyata. Ya pasien TBC, epilepsi, kusta, kepala bocor, sakit mata yang parah banget, herpes, gatal-gatal. And for sure, kenyataan emang nggak seindah tulisan di buku. Hari ini pasien yang bocor kepalanya tuh anak-anak umur 6 tahun. Suara nangisnya sampai 3 oktaf barangkali waktu kepalanya dijahit. Seumur hidup baru kali ini saya ngeliat prosesi penjahitan kepala ~yang jauh lebih seram daripada proses heating pasca odontek~.

And by the way, puskesmas yang saya tuju tuh ternyata lebih jauh dari bayangan saya. Beneran ! Rasanya kayak enggak sampai-sampai. Entah gimana kabarnya temen-temen saya yang ditugasin di Puskesmas Manukan sama Balongsari yang notabene lebih jauh lagi daripada Medokan. Cuma kabar bagusnya, puskesmas ini jauh lebih bagus daripada bayangan saya. Qeqeqeqeqe... Kerja saya hari ini juga enggak berat-berat amat. Cuma nyatet daftar registrasi, manggilin pasien, sama ngeliatin dokter-dokter yang lagi kerja. Haha.... nggak mutu banget ya ?

Ngomong-ngomong soal manggilin pasien... Saya sempat dikasih contoh sama dokter jaganya. Manggil pasiennya cukup 1x dan cuma sebut nama, enggak pake alamat. Padahal pas jaga di kamar terima FKG, saya diwajibkan mengucapkan nama pasien dengan jelas, beserta alamat lengkap, dan kalau dipanggil 1x enggak ada yang berdiri, saya mesti manggil untuk yang kedua kali. Ya udah, saya pikir karena aturan di puskesmasnya beda, ya saya ikutin aja...

Pas itu saya manggil : "Ibu Binti."
Masuklah si 'Ibu Binti' itu. Nggak pake acara bertele-tele lagi ~karena pasien yang ngantre di BP bukan maen banyaknya~ si ibu ini ditanyain sakit apa dan langsung dibukain resep sama dokternya.
Ada sekitar 15 menitan, datanglah Ibu Binti yang asli. Ditemenin suaminya yang ngomel-ngomel karena istrinya enggak dipanggil-panggil.
Ternyata 'Ibu Binti' yang masuk duluan tadi namanya.... ibu SITI. Bukan Binti.

Sebenernya jauh toh ya pelafalan antara BIN-TI dan SI-TI ? Dokternya sampe melototin saya. Padahal rasanya saya udah nyebutin nama itu dengan jelas. Tapi mau marah juga kayaknya dia nggak tega. Soalnya dia sendiri juga nggak nanya-nanya lagi ke pasiennya apa namanya beneran Ibu Binti ato bukan. Jadi seterus-terusnya, saya manggil pasien dengan menyebutkan nama dan alamatnya sekalian. Itupun masih ada aja yang kedobel-dobel. Ya bayangin aja... di puskesmas itu rata-rata pasiennya ya rumahnya di situ-situ aja. Nah, udah berapa Siti tuh yang rumahnya di Jalan Medokan Ayu ? Udah berapa Joko coba yang rumahnya di Jalan Wonorejo ? Sementara gang dan nomer rumahnya enggak ditulis di status. Cuma ditulis RT berapa RW berapa. Ya bayangin aja gimana saya mesti menebak-nebak giliran Joko yang mana yang dipanggil...

Ribetnya, alamat di status tuh hampir semuanya singkatan. Saya sampai repot menerjemahkan sendiri apakah gerangan M.A.S., Penj., dan Won. itu. Ternyata... 'MAS' yang saya kira Medokan Ayu Selatan tuh ternyata Medokan Ayu Semampir ~kalau Selatan tuh namanya MASel~. 'Penj.' itu bukan Penjualan atau Penjilidan ~haha, emang ada ?~ tetapi Penjaringan. Dan 'Won.' itu bukan Wonokromo, rekkk !! Tapi Wonorejo !!! Edan gak si... Siapa yang kepikir juga kalo 'Won' itu Wonorejo ??

Kalo alamat kampus diakronimkan, jadinya gini dong ya...
FKG Unair
Jl. Prof DM
Qeqeqeqeqe... :p

No comments:

Post a Comment

comments here